Kamis, 14 Maret 2013

IPI Mamasa.

IPI Unggulkan Ramlan di Mamasa

MAKASSAR, BKM -- Bupati incumbent, H Ramlan Badawi tampaknya masih cukup kuat dibandingkan rival-rivalnya yang akan maju dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Mamasa yang rencananya dihelat pada 6 Juni 2013 mendatang. Bahkan, Ramlan mengalahkan mantan Bupati Mamasa, Obednego Depparinding.
Data dari lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) menempatkan pasangan Ramlan-Viktor berada diposisi teratas dalam survei yang digelar pada 28 Januari hingga 8 Februari 2013. Menurut Direktur Eksekutiv IPI, Suwadi Idris Amir, di Makassar, kemarin, paket usungan Partai Golkar, PKB, dan PDIP Ramlan Badawi-Victor Paotonang, memiliki tingkat popularitas 86 persen dan elektabilitas 37,11 persen.

Posisi kedua ditempati paket usungan Partai PIB dan PBR, Obednego Depparinding-David Bambalayuk. Popularitas keduanya mencapai 85 persen dan elektabilitas 21,69 persen. Diurutan ketiga paket usungan Partai Demokrat, Pelopor, dan Partai Buruh, Rudiyanto-Hapri Demmalima dengan popularitas 68 persen dan elektabilitas 14,10 persen.
Diurutan keempat paket usungan PDK, PMB, dan PBB, Mario Said Saggaf-Simon dengan popularitas 66 persen dan elektabilitas 9,15 persen. Urutan kelima paket Benyamin YD-Sudirman Darius dengan popularitas 58 persen dan elektabilitas 5,05 persen. Paket Mervi Parasan-Syaharuddin Tinggi menempati urutan keenam dengan popularitas 51 persen dan elektabilitas 2,75 persen.
Sedangkan paket Elipat Malangi-Wempi yang mendaftar melalui jalur independen menempati peringkat ketujuh dengan dengan tingkat popularitas 40 persen dan elektabilitas 1,25 persen, disusul paket Linggi-Edi Mulyono Pualilin dengan popularitas 38 persen dan elektabilitas 1,15 persen.
Dari gambaran survei IPI, menurut Suwadi, dalam Pilkada Mamasa tiga paket teratas masih berpotensi saling menyalip hingga ke puncak pelaksaan pilkada 6 Juni 2013. Untuk itu, mereka harus maksimal menjaga basis pemilih mereka.
Survei IPI menggunakan metode multistage random sampling acak berjenjang di 173 desa/kelurahan dan 15 kecamatan di Kabupaten Mamasa. Jumlah responden 880 Orang, dengan tingkat kepercaan 95 persen, margin error 2,5 persen, dan tidak menjawab/rahasia sebesar 7,75 persen. (rif/mir/c)


0 komentar:

Posting Komentar