ROPOSAL SURVEI POLITIK
|
Kenali diri sendiri, kenali lawan;maka
kemenangan sudah pasti ada di tangan.
Kenali medan pertempuran, kenali
iklim maka kemenangan akan sempurna
(Sun Tzu)
SURVEY
PEMETAAN POLITIK
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image001.gif)
A. Survei Pemetaan Politik sedikit berbeda dengan Survei Perilaku Pemilihan atau Survei Pra-Pemilu atau Survei popularitas politik.
Kelebihannya, survey ini lebih didesain untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh kandidat dan tim suksesnya
B. Survey Pemetaan Politik adalah kegiatan pengumpulan pendapat atau persepsi masyarakat terhadap berbagai hal menyangkut seorang tokoh atau kandidat kepala daerah dengan cara mewawancarai sejumlah masyarakat.
C. Survei ini bertujuan untuk membuat PETA POLITIK. Seberapa besar kemungkinan (Kans) seorang kandidat dapat meraih kemenangan disbanding dengan kandidat lain.
D. Output dari survei ini adalah sebuah rekomendasi tentang bagaimana cara MEMPERTAHANKAN dan atau MEMPERBESAR tingkat kemungkinan seorang kandidat menang dalam PILKADA
FUNGSI SURVEI
PEMETAAN POLITIK
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image002.gif)
Bagi Kandidat:
· Posisi Tawar
Hasil survey ini dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang menyakinkan/sangat kuat bagi kandidat agar parpol dan organisasi politik lainnya mendukungnya.
· Memilih Pasangan Yang Paling Tepat
Hasil Survei ini dapat digunakan untuk menentukan siapa orang yang paling tepat secara taktis dan strategis untuk dijadikan pendamping
· Efesiensi Dana Kampanye
Dengan melihat hasil survey ini, kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yang ada tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif
· Efektivitas Kampanye
Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih
Bagi Partai Politik
· Menentukan Calon
Melalui hasil survey ini, partai politik dapat dengan mudah menentukan siapa tokoh yang paling berpotensi untuk memenangkan pilkada
· Mengetahui Peta Politik Lokal
Hasil survey ini juga memberikan gambaran yang kemprehensif tentang peta politik local
MENGETAHUI KEKUATAN DAN
KELEMAHAN DIRI SENDIRI
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image003.gif)
a). Mengetahui seberapa besar pemilih di kabupaten, kota atau propinsi yang akan memberikan suaranya kepada masing-masing kandidat
b). Mengetahui kelompok/segmen masyarakat (agama, klas sosial, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan, afiliasi politik, kecamatan, desa, dll.) mana yang mendukung dan tidak mendukung terhadap masing-masing kandidat.
c). Mengetahui bagaimana kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari masing-masing kandidat.
MENGETAHUI KEKUATAN DAN
KELEMAHAN LAWAN
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image003.gif)
a). Mengetahui variabel apa saja yang menjadi “modal” bagi kandidat lawan.
b). Mengetahui basis dukungan dari kandidat lawan, dilihat dari aspek agama, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan afiliasi politik, kecamatan, desa, klas sosial, dll.
c). Mengetahui kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negative) dari kandidat lawan.
MENGETAHUI KARAKTERISTIK
PERILAKU PEMILIH DAN MEDIA KOMUNIKASI
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image004.gif)
a). Mengetahui alasan seseorang memilih calon, dilihat dari aspek wilayah, agama, suku, umur, klas sosial, afiliasi politik, pendidikan, dll.
b). Mengetahui media komunikasi (sosial dan massa) yang paling efektif digunakan oleh masyarakat, misalnya spanduk, radio, selebaran, dll.
MENGETAHUI MASALAH/ISU/TOPIK SOSIAL DAN POLITIK LOKAL
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image003.gif)
a). Mengetahui tema kampenye yang diingikan oleh masyarakat
b). Mengetahui masalah-masalah mendesak yang dibutuhkan masing-masing segmen sosial
c). Mengetahui berbagai usulan dari masyarakat tentang bagaimana seharusnya yang harus dilakukan oleh kandidat agar sukses dalam pilkada.
METODOLOGI
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image003.gif)
· Metode yang digunakan adalah MULTISTAGE RANDOM SAMPLING
· Wawancara dilakukan dengan tatap muka
· Sample akan disebarkan berdasarkan proporsi jenis kelamin, status desa, dan jumlah penduduk (pemilih) per wilayah
· Validitas data akan dikontrol melalui manajemen cross check
PENGALAMAN SURVEI
DAN PEMENANGAN
![](file:///C:%5CUsers%5CUSER%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image005.gif)
No.
|
NAMA KAB/KOTA & PROV.
|
TAHUN
|
1
|
- Pilkada Kab. Takalar
|
2007
|
2
|
- Pilkada Kab. Musi Banyuasin
|
2007
|
3
|
- Pilkada Prop. Jawa Barat
|
2007
|
4
|
- Pilkada Prop. DKI Jakarta
|
2007
|
5
|
- Pilkada Kab. Tangeran
|
2007
|
6
|
- Pilkada Propinsi NTT
|
2007
|
7
|
- Pilkada Kota Kupang
|
2007
|
8
|
- Pilkada Propinsi Bali
|
2007
|
9
|
- Pilkada Kota Batu
|
2007
|
10
|
- Pilkada Kab. Magetan
|
2008
|
11
|
- Pilkada Kab. Majalengka
|
2008
|
12
|
- Pilkada Prop. Jawa Tengah
|
2008
|
13
|
- Pilkada Kab. Mamasa
|
2008
|
14
|
- Pilkada Kota Makassar
|
2008
|
15
|
- Pilkada Kab. Tabalong
|
2008
|
16
|
- Pilkada Prop. Karsel
|
2010
|
17
|
- Pilkada Kab. Baruu
|
2010
|
18
|
- Pilkada Kab. Maros
|
2010
|
19
|
- Pilkada Kab. Soppeng
|
2010
|
20
|
- Pilkada Kab. Luwu Utara
|
2010
|
21
|
- Pilkada Kab. Bulukumba
|
2010
|
22
|
- Pilkada Kota Magelang
|
2010
|
23
|
- Pilkada Kab. Bandung
|
2010
|
24
|
- Pilkada Kab. Sukabumi
|
2010
|
25
|
- Pilkada Kab. Tebo Jambi
|
2011
|
26
|
- Pilkada Prop. Sulteng
|
2011
|
27
|
- Pilkada Majene
|
2011
|
28
|
- Pilkada Prop. Sulbar
|
2011
|
29
|
- Pilkada Kepulauan Buru
|
2011
|
30
|
- Pilkada Kab. Takalar
|
2012
|
31
|
- Pilkada Kab. Jeneponto
|
2012
|
Catatan : Sudah MOU
Bupati & Wabup Kep. Buru, 2011-2016:
|
DIREKTUR ESEKUTIF'' (IPI)'' INDEKS POLITICA INDONESIA.''
3 komentar:
pak direktur harus cerdas karna ini pembohongan publik karna yg menghitung dipulau buru yg mengitung suara di pilkada buru adalah SSI dr makassar...dan tidak ada lembaga konsultan yg membantunya untuk media center ramli umasugi jadi hati-hati pak direktur..
bu mardiana, itu logo SSI di atas jelas sekali, kemarin saya yg wakili SSI melakukan RQC di pulau buru, tetapi saya yg buatkan strategi Pak Ramli uamasugi, Menggunakan Latin & IPI. silahkan tanya Pak Ramli Umasugi, Dari Suwadi (WAWAN)
saya kemarin kerja sama SSI, ibu mardiana juga hati2 kalau mengkritik, ibu kan tdk tau semua kondisi.
Posting Komentar