PROPOSAL SURVEI

ROPOSAL SURVEI POLITIK



                                                   INDEKS POLITICA INDONESIA                                   
                                                                          
 
Kenali diri sendiri, kenali lawan;maka
kemenangan sudah pasti ada di tangan.
Kenali medan pertempuran, kenali
iklim maka kemenangan akan sempurna
(Sun Tzu)


SURVEY
PEMETAAN POLITIK
 

A.     Survei Pemetaan Politik sedikit berbeda dengan Survei Perilaku Pemilihan atau Survei Pra-Pemilu atau Survei popularitas politik.
Kelebihannya, survey ini lebih didesain untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh kandidat dan tim suksesnya
B.       Survey Pemetaan Politik adalah kegiatan pengumpulan pendapat atau persepsi masyarakat terhadap berbagai hal menyangkut seorang tokoh atau kandidat kepala daerah dengan cara mewawancarai sejumlah masyarakat.
C.       Survei ini bertujuan untuk membuat PETA POLITIK. Seberapa besar kemungkinan (Kans) seorang kandidat dapat meraih kemenangan disbanding dengan kandidat lain.
D.     Output dari survei ini adalah sebuah rekomendasi tentang bagaimana cara MEMPERTAHANKAN dan atau MEMPERBESAR tingkat kemungkinan seorang kandidat menang dalam PILKADA  


FUNGSI SURVEI
PEMETAAN POLITIK
 

Bagi Kandidat:
·       Posisi Tawar
Hasil survey ini dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang menyakinkan/sangat kuat bagi kandidat agar parpol dan organisasi politik lainnya mendukungnya.
·       Memilih Pasangan Yang Paling Tepat
Hasil Survei ini dapat digunakan untuk menentukan siapa orang yang paling tepat secara taktis dan strategis untuk dijadikan pendamping
·       Efesiensi Dana Kampanye
Dengan melihat hasil survey ini, kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yang ada tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif
·       Efektivitas Kampanye
Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih
Bagi Partai Politik
·       Menentukan Calon
Melalui hasil survey ini, partai politik dapat dengan mudah menentukan siapa tokoh yang paling berpotensi untuk memenangkan pilkada
·       Mengetahui Peta Politik Lokal
Hasil survey ini juga memberikan gambaran yang kemprehensif tentang peta politik local


MENGETAHUI KEKUATAN DAN
KELEMAHAN DIRI SENDIRI
 

a). Mengetahui seberapa besar pemilih di kabupaten, kota atau propinsi yang akan memberikan suaranya kepada masing-masing kandidat
b). Mengetahui kelompok/segmen masyarakat (agama, klas sosial, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan, afiliasi politik, kecamatan, desa, dll.) mana yang mendukung dan tidak mendukung terhadap masing-masing kandidat.
c). Mengetahui bagaimana kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari masing-masing kandidat. 


MENGETAHUI KEKUATAN DAN
KELEMAHAN LAWAN
 

a). Mengetahui variabel apa saja yang menjadi “modal” bagi kandidat lawan.
b). Mengetahui basis dukungan dari kandidat lawan, dilihat dari aspek agama, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan afiliasi politik, kecamatan, desa, klas sosial, dll.
c). Mengetahui kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negative) dari kandidat lawan.


MENGETAHUI KARAKTERISTIK
PERILAKU PEMILIH DAN MEDIA KOMUNIKASI
 

a). Mengetahui alasan seseorang memilih calon, dilihat dari aspek wilayah, agama, suku, umur, klas sosial, afiliasi politik, pendidikan, dll.
b). Mengetahui media komunikasi (sosial dan massa) yang paling efektif digunakan oleh masyarakat, misalnya spanduk, radio, selebaran, dll.


MENGETAHUI MASALAH/ISU/TOPIK SOSIAL DAN POLITIK LOKAL
 

a). Mengetahui tema kampenye yang diingikan oleh masyarakat
b). Mengetahui masalah-masalah mendesak yang dibutuhkan masing-masing segmen sosial
c). Mengetahui berbagai usulan dari masyarakat tentang bagaimana seharusnya yang harus dilakukan oleh kandidat agar sukses dalam pilkada.
                              METODOLOGI
 

·   Metode yang digunakan adalah MULTISTAGE RANDOM SAMPLING
·   Wawancara dilakukan dengan tatap muka
·   Sample akan disebarkan berdasarkan proporsi jenis kelamin, status desa, dan jumlah penduduk (pemilih) per wilayah
·   Validitas data akan dikontrol melalui manajemen cross check


PENGALAMAN SURVEI
DAN PEMENANGAN
 

No.
NAMA KAB/KOTA & PROV.
TAHUN
1
- Pilkada Kab. Takalar
2007
2
- Pilkada Kab. Musi Banyuasin
2007
3
- Pilkada Prop. Jawa Barat          
2007
4
- Pilkada Prop. DKI Jakarta
2007
5
- Pilkada Kab. Tangeran
2007
6
- Pilkada Propinsi NTT
2007
7
- Pilkada Kota Kupang
2007
8
- Pilkada Propinsi Bali
2007
9
- Pilkada Kota Batu
2007
10
- Pilkada Kab. Magetan
2008
11
- Pilkada Kab. Majalengka
2008
12
- Pilkada Prop. Jawa Tengah
2008
13
- Pilkada Kab. Mamasa
2008
14
- Pilkada Kota Makassar
2008
15
- Pilkada Kab. Tabalong
2008
16
- Pilkada Prop. Karsel
2010
17
- Pilkada Kab. Baruu
2010
18
- Pilkada Kab. Maros 
2010
19
- Pilkada Kab. Soppeng
2010
20
- Pilkada Kab. Luwu Utara
2010
21
- Pilkada Kab. Bulukumba
2010
22
- Pilkada Kota Magelang
2010
23
- Pilkada Kab. Bandung
2010
24
- Pilkada Kab. Sukabumi
2010
25
- Pilkada Kab. Tebo Jambi
2011
26
- Pilkada Prop. Sulteng
2011
27
- Pilkada Majene
2011
28
- Pilkada Prop. Sulbar
2011
29
- Pilkada Kepulauan Buru
2011
30
- Pilkada Kab. Takalar
2012
31
- Pilkada Kab. Jeneponto
2012
                                 Catatan : Sudah MOU



TESTIMONI
Bupati & Wabup Kep. Buru, 2011-2016:

Ramli Umasugi & Djuana Sudrajadat: klien pertama yang dimenangkan'' Indeks Politica Indonesia & Latin Institute'' pada Pilkada Tahun 2011 Mengucapkan Terima Kasih Kepada Latin Institute yang telah membantu memenangkan Pilkada melalui Survei dan Pendampingan.
 

DIREKTUR ESEKUTIF'' (IPI)'' INDEKS POLITICA INDONESIA.''

Riwayat Pekerjaan: Direktur Indonesia Timur ISPP-LKPI (Sekarang) Direktur Riset Dan Strategi Pemenangan Pilkada (LI) LATIN INSTITUTE (sekarang) Direktur Eksekutif (IPI) INDEKS POLITICA INDONESIA’ Peneliti Lembaga Riset Internasional INSAIG ASIA (Sekarang)

Riwayat Pendidikan & Organisasi: Menyelesaikan Kuliahnya di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Aktif diberbagai organisasi nasional maupun lokal diantaranya’ Ketua Umum GP ALHURR Sulsel, Pengurus Wilayah IJABI Sul Sel’ Ketua Umum FORUM STUDI PENCERAHAN ‘Sulsel’ Ketua Umum Yayasan Al Hurr Makassar’ Ketua Cabang IJABI Tamalate Makassar’ Kordinator LSM LP2I Makassar.’

Pengalaman Sebagai Konsultan Politik:

Telah Memenangkan: Pilkada walikota Medan H. ABDILLAH 2005-2010. Pilkada Tabalong H. RAHMAN RAMSI 2008-2013. Pilkada Gubernur Jawa Tengah BIBIT WALUYO 2008-2013. Pilkada Soppeng H.A. SOETOMO 2010-2015. Pilkada Tebu H. YOPI MUTHALIB 2011-2015. Bersama Lembaga ISPP - INSTITUTE SURVEI PERILAKU POLITIK dan LKPI - LEMBAGA KONSULTAN POLITIK INDONESIA.

Telah Memenangkan: Pilkada Kepulauan Buru H. RAMLI I' UMASUGI & DJUHANA SUDRAJAD 2011-2016. Lembaga  IPI - INDEKS POLITICA INDONESIA dan LATIN INSTITUTE (LI).''

Profil:Indeks Politica Indonesia (IPI)'' Adalah lembaga konsultan independen yang bergerak di bidang  Consulting – Research – Training – Recruitment, Konsultan, penelitian, pelatihan dan Media  utamanya pada perilaku politik. Selama ini IPI  telah banyak melakukan survei pemetaaan politik di berbagai daerah di Indonesia utamanya di wilayah Sulawesi. IPI Berdiri sejak tahun 2007 atas inisiatif para peneliti yang sudah banyak berkecimpung di dunia survei baik  masalah sosial, ekonomi dan politik. Pengalaman fenomenal para peneliti IPI adalah ketika mereka menjadi pemenangan Kepulauan Buru Tahun 2011.

Visi :  Membangun demokrasi dan pendidikan politik bangsa guna terciptanya negara Indonesia yang demokratis yang digerakan oleh kedewasaan berpolitik masyarakatnya.

Misi: Mendukung penguatan sistem demokrasi langsung di Indonisia melalui penelitian yang profesional dan pelatihan yang berguna dan berkualitas bagi masyarakat, institusi politik, media, kalangan bisnis dan pengambil kebijakan di Indonesia.

Mendidik, mendorong dan membekali masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

             BY INDEKS POLITICA INDONESIA.''                                                    






 

3 komentar:

pak direktur harus cerdas karna ini pembohongan publik karna yg menghitung dipulau buru yg mengitung suara di pilkada buru adalah SSI dr makassar...dan tidak ada lembaga konsultan yg membantunya untuk media center ramli umasugi jadi hati-hati pak direktur..

bu mardiana, itu logo SSI di atas jelas sekali, kemarin saya yg wakili SSI melakukan RQC di pulau buru, tetapi saya yg buatkan strategi Pak Ramli uamasugi, Menggunakan Latin & IPI. silahkan tanya Pak Ramli Umasugi, Dari Suwadi (WAWAN)

saya kemarin kerja sama SSI, ibu mardiana juga hati2 kalau mengkritik, ibu kan tdk tau semua kondisi.

Posting Komentar